Stay in Touch with Me

Tuesday, July 19, 2011

Loe Gue End! (6)

Gue Belon lupa nama gue ALANA. Dan gue masih hafal ejaannya. A L A N A. Artinya gue belon mati dan belon gila. Gue masih sama kaya gue yang dulu. Sebelum sohib gue Fifi meninggal dan Tim o ketabrak truk. Sebelon gue pin gsan dua kali.
Sejak pingsan di klinik Om Yan itu, gue pingsan lagi lima kali. Berturut turut. Bangun sebentar, chattingan sama Timo dan Lin a bencong, terus sakit lagi. Blur lagi, Gelap lagi dan nyebut “Tuhan tolong gue” lagi. Udah lima kali artinya gue minta tolong sama Tuhan. Nama yang selama ini Cuma gue baca dan sebut sebut doang. Sosok yang gue ngga kenal. Gue rasa juga ngga ada orang yang kenal sama Tuhan. Maksud gue secara face to face gitu. Paling juga kenal sama ajaran-ajaran nya Tuhan. Gue juga ngga tau kenapa tiba tiba kok gue min ta tolong nyebut nama Tuhan.
Semalam, begitu pulang kerumah, gue langsung minum lagi. Haus bow. Bokap ngga tahu. Tapi kalau bokap nanya jug ague pasti ngaku. Gue paling ngga bisa bohong. Apalagi sama bokap. Paling banter gue diam. Kalo ngga ditanya y ague diem aja, kan artinya gue ngga bohong. Lagian yang gue lakuin juga ngga ngerugiin siapa-siapa kok. Ngga nyuri ngga nipu. Kalopun ada yang rugi ya ginjal gue sendiri. Itu juga kalo apa diagnose Om Yan bener , ada gangguan diginjal gue.
Toh hasil testnya juga belon keluar. Anggap aja semua baru ramalan. Yang penting bokap belum ngasih tanggal kapan gue akan dikirim ke tempat rehabnya Tante Intan. Gue berharap bokap lupa. Gue bener bener ngga mungkin tinggal ditempat kaya gitu. Jauh dari keramaian. Jauh dari mana-mana. Baru sekali sih gue kesana. Itu dalam rangka ulang tahun Radit, anaknya Tante Intan yang paling kecil.
Umur Radit kira kira 4 tahun di atas gue. Dia juga member The Ngcols. Tapi ngga rutin gabung party kita. Soalnya Radit udah gawean. Ngga sebebas members lain yang rata rata masih pada kuliah. Gue udah ngga kuliah, tapi kerjaan gue bukan 9 to 5 kaya Radit. Bahkan Radit kadang kerja sampe midnite. Udah kaya biskop aja sampe mindnite. Untung bukan Circle K 24 jam tiap hari 7 hari seminggu…hahaha.
Judulnya, dulu gue cukup dekat sama Radit. Sampe dituduh pacaran. Padahak CCK aja belon pernah. (Cumbu cumbu kecil). KKK juga belon pernah (kiss kiss kecil) Cuma deket aja dan sering curhat. Di geng Ngocols ada peraturan yang ngga tertulis. Intinya sih sesame teman dilarang nyosot. Alias kagak boleh pacaran sesame anggota geng. Makanya pas gue mulai di gossipin ada main sama Raduit, gue langsung menjauh.
Waktu gue lagi dekat dekatnya sama Radit, doi pernah ajak gue ke acara selametan di rumah rehab milik mamanya itu. Tempatnya sih asik, kalau buat piknik. Tapi gue kan bukan seniman yang suka sama temjpat tempat sepi buat nyari insiprasi. Inspirasi gue dateng justru dari keramaian. Gue juga bukan dukun atau orang yang lagi nyari ilm u sampai harus menyepi dan semedi. Kalo gue pengen tenang, gak perlu jauh jauh. Cukup gue kunci pintu kamar gue dan gue mattin BB gue. Tenang deh. Hening. Sepi. Mantap.
Disekitar rumah rehab itu kebun teh doang yang keliatan. Gunung juga kelihatan sih di tiga penjuru. Gunung apa aja gue lupa deh. Kayaknya gunung Salak, Gunung Gede sama satu lagi asli gue lupa. Jadi tempat itu deikelilingin tiga gunung. Lokasi tepatnya Mega Mendung. Disebelahnya banyak villa villa keren . Konon salah satunya punya Mbak Megawati Soekarno. Konon lo ya, bukan kata gue tapi kata Radit. Kan gue belon pernah liat sertifikat tanah itu apa bener punya mbak Mega.
Tapi dari kunjungan yang cumin sekali itu aja gue udah berasa kalo gue ngga suka tempat itu. Meskipun Radit udah repot repot ngebekalin gue sama vodka 3 botol. Saking dia tau kalo gue alkoholik. Tetep aja gue gerah. Kayaknya tempat itu juga ngga suka sama gue deh. Energinya ngga klop. Ngga saling tarik menarik kaya magnet.
Gue ingat, gue minta dianterin pulang. Tapi Radit mint ague sabar.
“Sabar dong beb, bentar lagi. Ngga enak sama Ibu”
Radit manggil nyokapnya dengan panggilan Ibu. Biarpun dia lama di Amerika, dia tetap manggil orangtuanya ayah dan ibu.
“Kita ngumpet ngumpet aja, paling nyokap loe juga ga tau kita cabut” usul gue. Tamunya ratusan orang. Tante Intan juga udah sibuk sama tamu-tamunya. Belum lagi wartawan yang pada foto foto ngga ada hentinya. Bukan motretin fasilitas rehabnya melainkan asik fotoin seleb seleb yang hadir di acara itu. Juga pejabat-pejabat dan muka muka penting lainnya. Yang sering kita liat di tabloid sampe yang sering kita liat di majalah bergengsi macem Tempo or Times magazine juga ada. Dari penyanyi dangdut yang punya banyak karaoke sampai pejabat yang punya banyak istri (simpenan). Semua hadir. Networknya tante Intan lumayan hebat. Apalagi beliau ngebayar jasa perusahaan PR yang terkenal dan mahal. Yang list tamu tamunya ngalahin list majalah Tatler or Prestige.
Tapi gue gerah aja. Im nobody and ngga tertarik gue. Bosen kaleee. Dimana mana udah keliatan wajah mereka, masa sekarang gue musti ngeliat mereka mereka lagi.
“Nih minum dulu biar asik” Raditya nuangin gue segelas vodka.
“Tapi abis ini pulang ya”
“Iya…habisin dulu sebotol deh abis itu kita cabut”
Gue udah mulai enteng. Biasanya kalo gue udah mulai enteng kaya gini, everything is ok. Dari bĂȘte bisa jadi santai. Dari kesel bisa jadi ketawa ketiwi gue kalau udah liwat sebotol vodka. Anehnya kali ini gue tetep aja pengen pulang.
“Nih biar kenceng..” Radit ngasih Smily pill sama gue. Ini pil kecil yang cukup dashyat buat ngerubah mood. Konon ini sebenernya bukan narkoba, tapi obat tiroid. Orang yang punya masalah ama tiroidnya harus minum obat ini. Tapi buat orang yang ngga bermasalah sama tiroid, pil ini bisa bikin “kenceng” alias high alias happy. Makanya kita kasih nama Smily pil. Soalnya habis nelen satu langsung senyam senyum sendiri.
Biasanya gue paling ogah sama pil pil an. Tapi saking betenya gue saat itu, gue telen juga deh. Glek. Sama seseruput vodka polos ngga pake es ngga pake jus.
“Gimana udah enakan kan?” radit ngarep.
“Baru juga sedetik” kata gue.
“Na, sebenernya gue ngajak lo kemari karena gue mau ngomonmg”
“ngomong pake ngajak ngajak kemari segala. Ngomon g aja kaleee. Kalo ngga bisa ngomong ya bb aja kaleee” gue mulai senyum nih. Smily pil mulai bereaksi.
“Susah nih soaln ya yang mau gue omongin.”
“Kaya ebtanas aja,,,susah…hihihi” gue cekikikan” makanya belajar dong biar ngga susah ngomong”
“Gue serius elo becanda” radit rada bĂȘte.
“Kalo lo mau gue serius mustinya jangan cekokin gue obat tiroid dong beb”
“Na, sebenernya lo suka ga sih sama gue?” radit nekad.
“Suka.” Jawab gue tanpa mikir. Emang gue udah ngga bisa mikir. Campuran vodka sama obat tiroid itu udah bikin kepala gue enteng banget. Dan jantung gue degupnya makin kenceng aja. Asik deh. Pelan pelan, kebon teh yang tadinya ngebosenin banget itu mulai keliatan ramai di mata gue. Kaya ada acara karnavalnya gitu.
“Gue juga suka sama lo Na” kata Radit lagi.
Gue ajak aja doi salaman. “good. Berarti simbiiosis mutalisme nih kita. Sama sama suka! Sip lah” ngaco banget jawaban gue. Gue juga tau jawaban gue ngaco tapi gue udah ngga bisa control. Asik aja rasanya.
“Jadi kita umumin nih?”
“Boleh… mumpung banyak wartawan hahahaha” gue ngakak “Umumin aja beb”
“Duh lo udah skip nih kayaknya. “ Radit bingung sendiri. “Baru satu cepet banget lo skipnya beb”
“Burun deh kalo mau ngumumin…” gue malah nantangin.
Lampu flash dari kamera wartawan kedap kedip terus. Udah kaya lampu disko dimata gue. Tiba tiba karpet karpet turki yang digelar diacara selametan itu warnanya berubah jadi merah. Dan seakan akan gue udah ngga di rumah rehab lagi melainkan di acara gala premiere Hollywood. Gue bukan Alana laghi tapi sekarang adalah Alanis Morisett! Yiha!!!
“Na! Mau kemana lo?” Radit tiba tiba nahan tangan gue. Gue baru sadar kalo kaki gue udah melangkah ninggalin posisi semula. Mantap ngegelnggang kea rah keramaian acara potong tumpeng yang udah mulai di hallo-halloin sama MC kondang.
“mau buat pengunguman abis lo lama sih ntar wartawabn keburu bubar” sahut gue sambil gue lepasin pegangan Radit.
“na!”
Karena Radit teriak, langkah gue jadi makin cepet. Serasa melayang dan serasa kaya bidadari deh gue saat itu. Tau tau gue udah di depan tumpeng. Dan semua lampu flash malah berhenti waktu gue berada ditengah tengah puncak acara. Tante Intan menatap gue dengan rada heran. Tapi gue anggap tatapan heran semua orang itu adalah tatapan kekaguman. Gimana ngga kagum, Alanis Morisett mau buang pengunguman!
“Lana!” suara Radit masih kedengeran sebelum gue mulai buka mulut gue.
“Hi everybody… I want to make an announcement” teriak gue.
Yang terakhir gue liat adalah gunungan tumpeng kuning didepan gue . Sebelum kepala gue jatuh pas di atas tumpeng upacara ssukuran itu. Asli! Untung aja habis itu gue pingsan. Black out. Saking kencengnya tuh obat tiroid mompa jantung gue pastinya. Kalo gue sadar, kebayangkan malunya gue. Alanis Moriset mukanya nancep di atas tumpeng.
Sejak itu gue ngga pernah lagi main ke rumah Radit. Tengsin bow. Dan kayaknya nyokapnya Radit juga ngadu ke bokap gue. Atau minimal salah satu tamunya pasti ada yang cerita ke bokap. Karen ague ditegur sama bokap.
Itulah pertama kalinya bokap sadar kalau anaknya udah bermasalah sama alcohol. Bokap sempat ngingetin gue. Bukan supaya berhenti munum tapi supaya bisa ngontrol perbuatan gue. Jangan malu-maluin bokap lagi.
Sekarang gue mau dikirim ke rumah rehab Tante Intan? Oh No…
Sambil ngelamun, pelan pelan gue sedot vodka pake sedotan. Tiba tiba BB gue bunyi. PING PING PING tiga kali. Pasti penting nih.

DADDY : Besok pagi kita berangkat
ALANA: Hah? Kemana pap? Paris?
Gue udah seneng banget. Bokap pasti ngajak liburan karena kasihan ngeliat gue stress sampe langganan pingsan belakangan ini.
DADDY: Ke puncak!
Oh my God. Gue pingsan lagi. Asli kali ini gue yakin ga ada hubungannya sama alcohol atawa gionjal gue . Gue pingsan karena di ultimatum akan dibawa ke rumah rehab penuh memori memalukan itu!

PART 7




Hotel Room

No comments:

Post a Comment