Friday, September 9, 2011

Loe,Gue,End! (29)

BAB 29


Kalo loe loe anggap dunia astral itu ga ada, terserah. Jangankan dunia astral, yang ngga percaya sama alien aja masih banyak kok. Padahal udah kebukti secara science, di planet lain tu ada tanda tanda kehidupan. Artinya ada mahluk laen di planet diluar dunia kita ini. Kalo loe mau iudp di dunia kecil loe sendiri, up to you. Tinggal masalah waktu aja kok, bentar lagi juga (bahkan sekarang juga udah si sebenernya) dunia astral itu bisa dibuktiin ama science. Kalo loe ngerasa diri loe spiritual, religious dan semua itu bikin loe ngga mau percaya ada dunia orang mati atawa lapisan kehidupan lain, ya gapapa juga. Anggep aja ini dongeng kaya Harry potter, sip? Kalo loe anggep cerita gue ini khalayan kaya Harry Potter, gue seneng seneng aja. Artinya gue ini jenius dan loe samain ama JK Rowlings! Gile. Zara Zettira aja ga bakal bisa ngayal kaya gue!
Tanpa gue minta dan ngarep, tau tau gue dijemput sama Santika. Rasanya kaya kesetrum. Gila… main narik aja!
“gila loe ya?” kata gue begitu ngeliat Santika di depan gue. Alam yang gue masukin serba putih. Dingin. Ada angina juga sepoi sepoi.
“aku seneng kamu baik baik aja”
“Selama gue ngga loe tinggalin lagi kaya tempo hari, gue bakalan bae bae aja!” kata gue judes masi keinget pas gue ditinggalin di tengah angina putting beliung sampe nyasar ga tau gimana caranya balik ke dunia gue! Sampe gue divonis mati dan ampir dikubur! Kebangetan!
“ngapain loe narik gue kemari?”
“aku ngga narik. Pikiran kamu sendiri yang narik kita”
“Gue lagi BB an sama radit! Bukan lagi mikir! “
“tapi kamu pasti mikirin aku secara ngga kamu sadari”
Akhirnya gue sadar. Emang gue lagi mikirin santika, gara gara ngeliat foto aneh itu. Mumpung orangnya ada di depan gue, gue Tanya aja ya?
“kok muka loe bisa ada di foto sih?”
“Bali?”
“Loe tau?” gue heran. “loe bisa baca pikiran gue?”
Santika ngegeleng.
“aku tau karena aku inget. Pas kamu di Bali, aku emang pengen banget ketemu kamu. Tapi mamah ngelarang. Akhirnya aku Cuma bisa ngebayangin, seolah olah aku ada ditengah tengah kamu. Nikmatin malam tahun baru sama kamu dan temen temen kamu”
Tuh kan. Loe tau kan kenapa gue males urusan sama si Santika? Karena omongan doi yang suka ngebingungin. Aneh aneh. Bikin males tapi juga bikin gue jadi pengen nanya nanya. Padahal gue males ngomong ama doi.
“Kok Cuma ngebayangin, muka loe bisa kerekam kamera?”
“ngga ngerti juga” tumben doi ga punya penjelasan apa-apa. Gue kirain doi serba tau. Serba lebi tau dari gue soal yang gaib gaib gini. Ternyata terbatas juga pengetahuan doi.
“Tumben loe ga bisa ngejelasin”
“Aku juga masih belajar.”
“belajar apaan?”
“belajarin kehidupan”
“hidup tuh buat dijalanin bukan dipelajarin! Kalo pas idup loe belajar kapan loe idupnya?”
“maksud aku, kehidupan lain. Kehidupan diluar kehidupan yang kita jalanin”
“cape deh”
Gue udah pengen cabut. Tapi, seperti sebelumnya, gue ga tau gimana caranya keluar.
“balikin gue dong!” akhirnya biar rada gengsi gue lontarin juga kata kata itu. Tapi gay ague bukan minta tolong, melainkan merintahin doi.
“Aku pikir kamu udah bisa?” Santika keliatan bingung “waktu itu udah divonis mati aja kamu masi bisa balik?”
“Gue lupa caranya! Dan gue ngga mau inget inget semua itu! Gue gam au percaya tahayul. Oke?”
“Oke”
Santika lalu megang tangan gue. Tangan kanannya megang tangan kiri gue.
“Tarik nafas dan tahan…”
Gue ikutin.
Santika merem. Gue juga ikut merem tanpa nunggu disuruh.
“Pikirin kamar kamu. Atau tempat terakhir kamu sebelum kemari”
Gue mikirin kamar gue? Apanya yang mustri gue pikirin?
“Maksud aku, bayangin kamar kamu” Santika ngeralat. Kaya bisa baca pikiran gue aja ni orang. Kadang gue merinding juga sih. Gue tetep yakin Santika rada rada dukun. Kan dia sendiri yang bilang kalo dia lagi belajarin dunia lain. Itu kan sama aja dukun. Belajarin mahluk gaib, dari dunia gaib yang orang normal ga bisa liat or ga bisa masuk. Gue gam au nanya nanya, ntar doi keg e eran. Apalagi kalo doi ngira gue tertarik. No way! Gue sama sekali ngga tertarik.
Biar katanya gue ini berbakat secara alami bisa masuk dunia lain, bisa ngejalanin out of body experience, gue ngga mau ngedalemin bakat itu. Ngapain juga jalan jalan ke dunia laen? Belajarin kehidupan laen? Hidup yang satu ini aja, yang gue jalanin sekarang ini, udah ribet. Ngapain nambah nambahin masalah? Kaya orang kurang kerjaan aja.
Mungkin si Santika itu emang ga suka ama hidupnya di dunia nyata ini. Lebih nikmat kalo masuk ke dunia lain. Ya itu urusan dia sih. Biarpun gue tau dan udah masuk ke dunianya si Santika itu, bukan berarti gue harus ikut ikutan mempelajarin kaya doi kan? Gue tetep gue, dia tetep dia. Biarpun ada bukan berarti gue harus percaya. Ya cukup gue tau aja dunia itu ada. Gue ngga mau punya kehidupan ganda. Gue udah pernah nyoba ‘dunia lain’ sebagai pelarian dunia nyata gue – dengan drugs dan hura hura. Dan gue udah buktiin kalau semua itu maya aja. Maksudnya sementara banget. Cuman kedok doing yang ngga lama. Yang ngga akan nyelesain masalah yang mau gue hindarin. Malahan bikin masalah gue makin berat dan problem gue makin banyak.
Sejelek jeleknya efek drugs itu sama Fifi, Lina dan Timo, sebenernya menurut gue sih mereka termasuk beruntung. Karena drugs itu udah ngasi efek permanen yaitu kematian. Mereka bertiga udah ngga ribet lagi ngadepin problem di dunia sekarang. Ya kali bagi sebagian orang pemikiran gue itu kayaknya kejem dan sadis banget. Kok sahabat metong gara gara drugs gue anggap berkah? Kematian gue syukuri. Ya daripada lumpuh seumur idup gara gara drugs? Cacat? Ya mendingan meninggal dengan tenang kan.
Biarpun gue anggap Timo fifi dan Lina beruntung, gue ngga mau juga sih mati karena drugs. Buat gue, hikmah dari kematian tragis mereka itu adalah : kebukanya mata gue. Pelajaran mahal yang gue dapat dari kematian temen temen yang gue sayangin kaya sudara sendiri. Kalau gue cuek dan ngga mengambil hikmahnya, gue yakin mereka bertiga bakal nangis bahkan marah. Karena pengorbanan mereka ngga ada gunanya. Gue yakin mereka bertiga ngga mau gue ngalamin nasib yang sama.
Kayaknya dari segala peristiwa, dari yang pahit, serem sampai yang tragis, gue tetep bisa ngeliat hikmahnya. Pasti ada dua sisi. Sisi apes atau buruk dan sisi terang dan bermanfaatnya. Tragedy seseorang bisa jadi manfaat bagi orang yang lain.
“Sampai ketemu lagi…. Kak”
Suara Santika kedengeran samar samar. Gue buka mat ague, tapi yang ada didepan gue bukan si cebol genoy itu lagi.
“Radit?”
Gue liat muka Radit rada tegang. Kaya marah. Gue udah dikamar, di posisi duduk sandaran tembok diatas tempat tidur gue. Gue balik dengan sukses!
“Kapan dateng?” Tanya gue.
“Nih…” radit ngelempar print out bookingan tiket ke Bali. Gayanya jutek abis kaya orang lagi bĂȘte.
“napa loe? Kalo ga ikhlas ga perlu loe bayarin tiket gue” gue tersinggung ngeliat gayanya. Emang gue minta minta? Doi sendiri yang inisiatif ngebookingin tiket. Lagian gue juga uda ngga perlu ke Bali sebenernya. Kan gue udah ketemu ama Santika dan doi udah ngejawab misteri munculnya muka doi di foto gue itu.
“gue kecewa aja. Kata loe, loe ga pernah bohong?”
“maksud L?”
“Kata loe, loe ga munafik. Ngomong apa adanya. Taunya…? “
“loe ngomong apa sih?” gue males banget sebenernya ngebahas.
“Gue udah nebak, loe pasti lagi high pas bb an am ague. Ternyata,…bener kan?”
“Siapa yang high?”
“Buktinya, gue dating loe lagi terkapar. Udah 30 menit gue disini tau!” kata radit.
“Gue bukan high cumi! Gue lagi…”
Radit natap gue seakan menunggu kalimat gue selesai. Tatapannya kaya orang ngecengin gitu loh. Seolah olah doi mau bilang “mau nyari alesan apa loe Lana?”
Padahal gue berhenti bukan karena lagi nyari alesan atau mau ngarang ngarang alesan. Gue males ngucapin kata kata itu. Gue yakin radit ngga akan percaya deh. Jangan jangan doi malah makin yakin kalo gue lagi berhalusinasi under drugs.
“ayo…terusin dong kalimat loe” Radit nantangin.
“ah..udah deh percuma. “ gue bener bener males.
“kehabisan alesan?”
“Terserah loe deh. No bca loe berapa?” gue nyalain laptop gue.
“nom,or bca gue?”
“yoi. Gue ganti duit tiket loe”
“kenapa?”
“gue ga jadi berangkat”
“Lho? Kok? Lana…gue ga marah sama elo. Loe jangan ngambeg dong”
“loe marah am ague juga ga ngaruh kaleee. Gue emang ga jadi brangkat aja.” Jawab gue cuek.
“Loe pasti mikir gue marah. Gue ga marah. Gue Cuma kecewa aja karna gue pik,ir loe bener bener jujur am ague. Urusan loe masih make sih ga masalah. Ga bikin gue marah Lan” sekarang radit malah yang kebingungan sendiri.
Ge er banget ni manusia satu. Doi pikir, kalo doi pasang muka ngambeg bakal ngaruh kali ke gue? Sorry. Gue tau radit udah lama punya perasaan special ke gue. Tapi harusnya radit juga udah tau kalau gue ga punya perasaan special ke doi dong. Kan udah lama banget gue ngga ngerespon. Malahan gue ngejauh karena ga mau doi salah sangka or terkesan ngasih harapan.
“Lan…”
Gue nengok “berapa nomor bca loe?”
“itu ga penting!” suara Radit mendadak emosi. “gue mau nanya sesuatu”
“penting ga yang mau loe tanyain?”
“penting banget buat gue”
“buat gue? “
“Itu gue ga tau. Tapi gue perlu jawaban loe”
“kalau gue bisa jawab ya bakal gue jawab.”
“Loe sebenernya….”
Gue nebak nih , pasti doi mau bilang : loe sebenernya gimana sih sama gue? Suka ga sama gue? Tapi tebakan gue salah cin!
“….loe sebenernya…lesbian ya?”
“kampret!!!” gue teriak . Abis itu gue ngakak sendiri jadinya. “waaakakakakakaka lesbian? Gue? Ga salah? “
“abis, loe ga pernah punya cowok. Naksir cowok juga ga pernah. Perhatian gue, sinyal sinyal yang gue beri kaya angina lalu aja buat elo. Ngga ada reaksi samsek. “ radit ngasih serangkaian alasan.
“terus karena semua itu lo putusin kalo gue lesbi? Dangkal banget sih loe. Gue piker loe pinter taunya otak loe segitu aja ya?” gue masih mules nahan ketawa.
Radit rada tersinggung. Ya gemana ga tersinggung dikatain dangkal alias bego.
“sorry beb.” Akhirnya gue rada tenang “bukan gue ngatain loe bego, tapi kok loe bisa bikin kesimpulan secepet itu kalo gue lesbian?”
Kayaknya, kalo Cuma karena gue ngga pernah punya cowok atau naksir cowok, ga cukup deh buat jadi alesan bahwa gue ini seorang lesbian. Potongan gue aja masih cewek tulen ngga tomboy. Gue juga suka liat ryan Reynolds, judd law dan suka keringet dingin kalo liat Mike Lewis berpose sexy mamerin otot perutnya yang 6 packs itu. Tapi kan gue ngga perlu laporan sama radit? Semua itu cukup buat gue nikmatin sendiri aja.
“loe tau ga dit kenapa gue males pacaran?”
“kenapa?”
“yak arena cowok model kaya elo gitu!”
“hah?”
“ga perlu gue jelasin, loe pikirin aja sendiri. Gue ga suka di judge. Di nilai nilai. Gue ga suka ditebak tebak. Kalo loe suka gue ya sukain gue apa adanya. Biar temen atau pacar, rasa suka itu ya suka aja. Jangan karena harapan loe ga kesampaian terus loe nebak nebak yang negative tentang gue. Loe terima aja naib loe, bahwa gue ngga tertarik sama elo! Titik. Selesai. End! Tapi loe malah nyari nyari pembelaan. Kenapa? Supaya loe ngga merasa minder ditolak? “ kata gue lumayan panjang. Padahal awalnya gue bilang gue gam au ngejelasin, ga taunya malah nyerocos panjang kaya nyokap nyeramahin anaknya aja.
Radit ngga ngejawab. Dia Cuma nunduk menghela nafas dikit.
“I see”
“Sorry. Gue blak blakan.”
“I know”
“Sorry gue bukan lesbi dan gue ngga tertarik sama elo”
“sama cowok lain? Apa ada cowok yang loe suka?”
“ya ada lah”
“Siapa? Timo ya?” Radit masih penasaran.
“apa bedanya? Mau si Timo kek, mau si Ryan reynold kek,siapa kek. Yang jelas I say no to you. Ribet amat”
“gue ga boleh tau?”
“ga penting. Mendingan loe focus nyari cewek lain aja. Gue denger nyokap udah heboh pengen loe cepet kawin tuh. Jangan sampe loe dikira gay gara gara kelamaan nungguin gue. Sip?”
“enteng banget sih loe kalo ngomong”
“idup udah berat, jadi ngomong yang enteng enteng aja. Bubyeeee” gue ngasih dadah. Maksud gue, pergi deh loe jangan ngabisin waktu gue ngebahas soal yang ga penting.
Tapi Radit bukannya pergi. Gue bener bener kaget waktu doi malah nyamperin gue. Gue masih duduk di tempat tidur. Laptop di pangkuan gue. Tau tau Radit udah mendekat, bayangan badannya nutupin monitor laptop gue. Pas gue dongak, mukanya udah diatas ubun ubun gue.
“apaan sih loe?”
Muka radit memerah. Keringetan pula padahal AC dikamar gue kenceng banget. Nafasnya mendadak jadi tersengal sengal kaya orang habis lari marathon. Gue jadi merinding ngerasain aura Radit yang berubah total ini.
“dit? Apaan sih?”
Radit ngga ngejawab, ngga bereaksi sama sekali. Dia udah focus banget sama tujuan yang ada dikepalanya.
“Radiitttt!!!!!!” gue berteriak waktu dia nerkam gue kaya serigala jadi jadian!


BAB 30 KLIK DISINI



Hotel Room

2 comments: