Stay in Touch with Me

Saturday, August 6, 2011

Loe,Gue,End! (28)

BAB 28
Nama gue Alana dan air mata gue kayaknya udah kering. Pita suara gue juga udah ledes lecet berdarah karna gue pake teriak teriak seharian. Sampe sampe tim suster semua jadi ribet ngurusin gue, bukannya ngurusin Lina ama Timo lagi. Saking histerisnya gue sampe di suntikin obat penenang, obat tiudr, obat apaan lagi gue ga tau deh. Tapi karna badan gue kali udah imun sama yang namanya drugs, konon sampe disuntik berkali kali melebihi dosis manusia normal, tetep ga ngaruh. Akhirnya sukses setelah gue dikasi “dosis over”. Artinya gue finally tepat karena Over dosis! Tapi karena yang ngasih dosis over itu orang orang medic, istilah over dosis jadi ngga berlaku.
Pernah gak elo keilangan sahabat loe sekaligus dalam satu hari? Gue ngga mau nulisin detailnya karena gue kebayang baying terus jadinya. Gue mau lupain semua itu. Tapi apa bisa?
Si bencong ngga ketolong. Biarpun gue udah ngamuk ngamuk sama dokter dan nuduh dokter matre gam au nolong dengan segera, gue harus nerima akhirnya bahwa idup mati itu emang bukan ditangan siapa-siapa . Bukan ditangan dokter juga. Ga bisa gue nyalahin siapa-siapa, biarpun gue tetep minta Bokap buat ngusut kematian si Lina. Kali kali aja malpraktek.
Kan kasus malpraktek bukan barang baru di Indonesia. Cuman banyak aja yang di tutup tutupin. Keluarga yang jadi korban juga udah males ngeributin dan ngusut ngusut. Soalnya uda sibuk sama pemakaman yang meninggal. Gue denger artis penyanyi cowok legendarius Indonesia juga katanya korban malpraktek. Keluarganya ngebandingin pemeriksaan dan pengobatan di Jakarta sama si Singapur. Rumah sakit Singapur nyalahin treatment rumah sakit Jakarta. Tapi mau main salah salahan juga emang ada gunannya? Toh orangnya udah meninggal. Emang kalo ketauan sapa yang salah terus tuh orang bisa idup lagi? Kan nggak juga.
Gue heran kenapa gue jadi punya pemikiran kaya gitu. Seingat gue, gue orang yang spontan dan meledug ledug. Gue ga suka mikir. Gue lebih suka bertindak. Soalnya pikiran ama omongan nurut gue ga berguna deh. Mikir boleh tapi jangan kelamaan apalagi kepanjangan. Tapi blakangan ni sejak gue mulai nguraingin konsumsi alcohol dan drugs gue, kayaknya gue lebih banyak ngabisin waktu buat mikir. Malah gue kaya nikmatin banget proses mikir itu. Yang ga penting penting juga suka gue pikirin.
Kaya misalnya pas stuck di macet, otak gue langsung jalan. Mikirin cara ngatasin kemacetan. Gila aja secara gue bukan walikota Jakarta. Walikotanya aja kagak mikirin kaleee… soalnya pejabat kan jarang ngerasain macet. Kan kalo mereka liwat, wayfarernya udah bukain jalan dulu. Yang laen di stop , lalulintas mandeg, gara gara si komo lewat. Apalagi kalo pas bulan puasa. Seolah olah cuman mereka doang kali yang pengen buru buru sampe rumah dan buka puasa. Nyetop jalan seenaknya. Sudirman dan Kuningan yang luar biasa macetnya itu udah serasa kaya jalan tol buat pejabat. Makanya ga pernah ada solusi kemacetan yang efektif dari mereka, karena mereka ngga pernah ngerasain macet kok. Em?
Waktu Timo ama Lina dibawa ke rumah sakit juga gue histerikal ngadepin kemacetan. Jendela mobil gue turunin, kepala gue nongol sambil teriak teriak “Minggir!!! Minggir loe semua!!! Minggir!!! Temen gue sekarat!!!!”
Tapi yang ad ague cuman diliatin kaya mahluk dari planet aja. Boro boro mereka pada minggir.
“Minggir! Malah melototin gue lagi!” gue bentak satu pengendara motor yang jelas jelas ngalangin mobil kita. Bukannya nyadar malah ngebentak gue tuh mas mas.
“emang situ sapa? Nyuruh nyuruh seenaknya. Polisi juga bukan!”
“Polisi mana pernah nyuruh minggir? Yang ada juga cuman nyuruh stop trus dimintain tilang!” semprot gue.
“Mbak kok nylot sih?” doi sekarang mulai panas, kaca depan helemnya dibuka. Mukanya sih muka jawa gitu. Muka mas mas. Ngga ada serem seremnya sama sekali. Tapi bacotnya gede juga.
Kita berdua jadi saut sautan, soalnya stuck ditengah kemacetan dan bersebelahan, Kalo doi minggir sedikit aja, mobil kita bakal bisa nyelip dan maju satu dua meter. Tapi ni orang malah nyolotion gue.
Karena jengkel plus panic gue turun. Gue semperin dan gue deketin muka gue ke mukanya. Si Mas mundur. Mulai grogi doi ngeliat kesangaran gue.
“mau minggir gak loe?”
“Apaan sih” udah mati gaya doi. Kehabisan kata kata buat ngejawab.
Gue dorong badannya dikit. “minggir! Budeg? Buka tuh helem biar bisa denger!”
Pas gue udah mulai ngelakuin kontak fisik, para pengendara motor yang laen mulai kompak. Tau tau mereka semua pada ngebuka kaca helemnya dan ikut komentar.
“sabar mbak!”
Malahan ada yang turun dari motor dan sok sok misahin gue dari si mas.
“Mbak ada apa nih…”
“jangan rebut ditengah jalan mbak”
“damai aja deh mbak damai…”
Lho, kenapa semua jadi ke gue? Kenapa yang disuruh sabar, damai dan tenang cuman gue?
“Kalo anak loe sekarat apa loe bisa tenang?” teriak gue.
“emang ada apaan sih mba? Siapa yang sekarat?”
“makanya kalo ga tau apa-apa jangan ikut ikutan! Nih! Liat!” gue buka pintu mobil, dan gue kasi liat si Lina yang berebah udah kaya jenasah aja.
“astafirulah alazim, kenapa dia mbak?”
Mereka pada istigfar. Tapi tetep aja comel pake nanya nanya. Emang gue bakal ngejelasin segala apa? Gue Cuma mau mereka minggir supaya Lina ama Timo bisa segera sampe ke rumah sakit! Rempong banget.
“bukan urusan loe! Yang penting minggir!!!! “ teriak gue super kenceng.
Akhirnya mereka semua pada nurut juga. Setelah gue bikin live show beberapa menit. Gue naik lagi ke mobil dan mobil bisa maju beberapa meter. Ga seberapa sih sebenernya dibandingin usaha gue tadi. Gile…Cuma buat maju beberapa meter aja gue musti sampe segitunya. Lalulintas ibukota ini emang udah gila banget kayaknya! Sama teriakan aja ga mempan… apalagi kalo Cuma denger sirene ambulans? Apa mereka pada denger? Dan kalpun denger, apa mereka semua pada mau minggir?
Pikiran gue jalan terus. Kalopun pengguna jalan pada minggir, apa bener itu jaminan si korban bakal selamet? Kayaknya ngga juga. Emang sih kita bisa aja nyalahin macet yang menyebabkan kjorban telat ditolong. Tapi kalo loe liat di Negara Negara lain kaya Amerika…yang pengguna jalannya patuh… toh tetep aja banyak korban yang mati di ambulans. Mati ditengah jalan. Padahal ga ada macet, tetep aja telat.
Gue ngga mau nerusin . yang jelas akhirnya kita sampe ke rumah sakit. Dan akhirnya… tanpa bisa nyalahin siapa-siapa… pas gue sadar setelah over dose penenang, kedua sohib gue udah pergi. Meninggal. Penyebab kematian mereka sama. Over Dosis. Orang tua Timo kali minta dokter memperhalus, akhirnya di surat dinyatakan penyebab kematian Timo adalah serangan jantung. Sebenernya sih, orang kena serangan jantung kan juga ada sebabnya. Sebab yang sebenernya itu yang gam au di ungkit sama orang tua Timo. Malu kali sama handai tolan, kalo ketauan anak mereka mati gara gara drugs. Kalo mati karena heart attack kan kayanya lebih sopan.
Gue ga ngeliat satupun keluarga si Lina. Tapi bokap gue bilang beliau akan ngurusin semuanya. Kalo ngga ada bokap hari itu gue ngga tau deh.
Ngga tau darimana dapetnya kabar gossip, habis Lina meninggal banyak infotaiment meng ekspos seorang artis sinetron. Namanya ga usah gue sebutin lah. Kasian. Masi muda. Lagian juga karirnya nanggung belon top top banget. Ntar kalo gue sebutin malah makin parah karena cerita gue ini bakal ngebuktiin kalo doi emang bener lesbian. Gue bisa buktiin dengan foto foto mesra mereka berdua yang gue temuin di BB nya si bencong. Sampe di dompet si Lina aja foto foto mesra mereka. Salah satu foto ada yang kucel banget. Muka si artis itu di oret oret. Kali Lina lagi bête sama doi makanya fotonya di oret oret di bejek bejek sampe kucel. Kaya di film film aja.
Di BB lina juga masi ada sisa percakapan bbm mereka berdua. Lina kayaknya emang lagi frustrasi sama ni artis yang ternyata kanan kiri oke. Alias bi sex.
LINA : Gue piker loe beda ternyata loe sama aja! Pecun!
QQ: Jangan semabarang ya fitnah lebih kejam daripada pembunuhan!
LINA: Omongan gue ada bukti bukan fitnah!
QQ: apa buktinya? Nuduh aja loe!
LINA: Ntar gue upload buktinya ke twitter!
QQ: maksud L?
LINA: Gue upload foto loe di kamar hotel sama si Kancut Ijo itu!
QQ: Gue ngga ngerti
LINA: Ntar kalo udah liat pasti loe ngerti!
QQ: loe ngancem gue?
LINA: Apa untungnua gue ngancem elo? Najis!
QQ: kalo gue najis ga usah hubungin gue lagi! Delete aja bb gue, sip?
LINA: Gue masi kasi loe kesempatan terakhir
QQ: elo yang nejong artinya! Plin plan!
LINA: Gue kasi kesempatan loe buat balikin Honda CRV gue!
QQ: itu puny ague
LINA: Buta huruf loe? STNK nya aja nama gue !
QQ: gue uda ga make Honda crv lagi.
LINA: pake apa loe sekarang? Honda bebek dari si kancut ijo?
Habis itu ngga ada lanjutannya. Pas gue cari si QQ di BB contact juga udah ga ada. Kayaknya si QQ udah ngapus bb pin nya Lina or bisa juga sebaliknya,. Yang ada tinggal sisa BBM conversation mereka doang.
Tapi gue, Yossi ama Radit sih kenal juga sama si QQ itu. Sempet ketemuan beberapa kali. Doi emang jalan ama si bencong. Tapi kita ngga nyangka aja kalo si bencong serius ama QQ. Kali gue aja yang emang kurang perhatian ama si Lina. Karena kita emang ga begitu dekat jarang curhat curhat. Ngga sedekat gue sama timo. Biarpun kita satu geng, dalam geng kita itu juga ada klik klikan. Gue paling deket sama Timo dan Fifi. Lina kayaknya juga ga deket deket banget sama member yang lain. Malahan gue piker keberadaan Lina lebih karena motivasi bisnis doi aja. Makanya gak pernah ada yang ngebahas soal kehidupan asmaranya si bencong.
Doi juga suka gonta ganti pasangan sih. Sukanya ngedeketin artis artis or calon calon seleb yang masih pada bau kencur. Maksudnya anak anak kecil gitu yang masih pada sekolah dan pada belon punya SIM.
Salut jug ague sama wartawan. Ternyata malah wartawan udah pada nyium hubungan Lina dan si QQ itu. Catet : QQ bukan insial. Jadi loe ga usah sok nebak nebak nyama nyamain nama artis yang ada sama singkatan QQ. Kasian lah. Kalo pers ngga perduli sama perasaan orang itu wajar, soalnya pers perlu makan dan kerjaan mereka emang gitu. Kalo kita yang bukan wartawan, kan ga ada untungnya buat kita ngebahas kejelekan orang? Apalagi kejelekan yang udah menjurus kesialan kaya si QQ ini. Nasibnya jelek banget. Udah kanan kiri oke, jadi bi sexual supaya bisa ngelayanin cewek and cowok , karir tetep aja mentok. Sampe sekarang juga ngga ngetop doi. Paling topnya di karaoke, nemenin om om mabok. Ya kalo udah mabok kan gampang aja dikibulin. Si QQ bisa ngaku dirinya diva juga o mom mabok bakal percaya. Tampang doi sih sebenernya oke tapi nothing special. Gampang dilupain.
Lina di kremasi sama keluarganya. Tau kan loe kremasi? Kalo di Bali namanya Ngaben. Gue ga datang. Ke pemakaman Timo jug ague ga datang. Ga kuat gue. Pasti gue histeris. Dan kalo udah histeris gue bakal pingsan. Kalo gue pingsan, gimana gue bisa ngedoain? Malah ntar bikin repot panitia pemakaman kan? Bokap gue hadir, ngewakilin gue. Gue dirumah aja.
Di kamar, gaya gue udah kaya sinetron. Ngedeprok dilantai sambil ngebongkar kardus yang isinya foto foto gue ama anak anak geng D Ngocols. Foto foto itu dibikin sebenernya Cuma karena iseng doang tanpa maksud buat dijadiin memory. Malah ada foto yang gue sendiri ga inget. Kapan en dimana dibuatnya ni foto? Kali pas kita semua lagi high. Hebat juga , lagi high masi inget foto fotoan. Sebagian lagi foto foto ada di BB gue sih. Belakangan ini setelah BB mania melanda, semua semua pake BB. Ga ada lagi yg nenteng nenteng camera kaleeee. Yang paling rajin jadi seksi dokuemntasi tuh si Yossi. Rajin banget doi nge print in foto dan ngebagi bagiin copynya ke kita kita semua.
Ada foto pas kita semua lagi jalan jalan ke Bali. Timo make celana renang pink. Gue ingat, kita semua sempet nuduh Timo gay. Emang doi ga pernah punya pacar. Cewek sih banyak tapi ga pernah ada yang di kencanin lebih dari dua kali. Penggemar Timo juga ga sedikit. Cewek cewek Barbie paling banyak. Tau kan cewek Barbie? Matre maksudnya. Begitu liat mobil timo dan tau siapa bokapnya, mereka pada antri dengan teratur deh. Kayaknya timo juga sadar, makanya ga ada yang dipacarin secara serius.
Radit juga ada di foto itu. Gayanya selalu serius ga pernah pose amburadul kaya gue or Timo. Gue paling seneng ngejulurin lidah gue pas pose. Ga tau kenapa. Banyak banget gaya “pamer lidah” gue di foto foto. Baru gue nyadar sekarang. Radit paling suka fotoan sambil silang tangan di dada. Serius. Mukanya juga kaya orang gaya buat pas foto ktp. Ga senyum. ga ada ekspresi. Yossi paling jarang ada difoto soalnya doi yang sibuk motion kita-kita. Difoto Bali itu Fifi masih ada. Lina ama timo juga masih ada. Terus ada satu muka lagi yang bikin gue kaget.
Glek.
Darimana judulnya si Santika bisa nongol ditengah kita-kita?
Kalo emang doi ada, kok ngga ada yang heran? Acara kita kan selalu for members only. Kalo ada mahluk asing pendatang baru pasti kita semua bakal heboh bertanya Tanya. Gue sendiri emang jarang, bahkan nyaris gak pernah ngeliatin foto foto yang dikirimin Yossi. Paling langsung gue masukin box foto aja. Baru sekarang gue sok melankolis, sok ngenang ngenang memory D Ngocols yang anggotanya udah berkurang 3 orang sekarang. Kayanya harus ganti nama, karena buat gue ngga ada d Ngocols tanpa timo. Lina sih ga terlalu ngaruh. Tapi Timo itu lah yang gue anggap nyatuin kita semua. Minimal bagi gue, D Ngocols is not longet the same tanpa Timo.
Gue masih heran aja ngeliat kepala Santika ikut jejeran di foto. Doi juga ngga pose Cuma senyum aja sambil tangannya di bahu gue kaya ngerangkul gitu. Anjrit….
apa anak anak yang laen juga ga pernah ngeliat ni foto ya? Kok udah lama banget ga pernah ada yang nyadar atau heran dengan kehadiran muka Santika di foto?
Bip…bip..bip..
Lampu blackberry gue kedap kedip. Pesen masuk dari Radit.
RADIT: PING!
Gue paling sebel orang nge ping nge ping kaya gini.
ALANA: Apaaaaa?
RADIT: Dimana?
ALANA: masih belon di alam baka masi di alam fana
RADIT: ngaco!
ALANA: Ada apaan?
RADIT: lagi sibuk?
ALANA: basa basi banget sih loe
RADIT: tadi ga keliatan di Tanah Kusir?
ALANA: gue nyamar jadi paying
RADIT: Loe lagi mabok? Lagi kenceng?
ALANA: No more… gue masi mau stay di alam fana
RADIT: goodlah
Tiba tiba gue inget sesuatu. Gue yakin Radit juga punya dan nyimpen copy foto yang sama.
ALANA: loe masi ada foto pas taun baruan di Bali itu ga?
RADIT: Gilaaaa
ALANA: Gila kenapa?
RADIT: Bisa pas banget. Gue juga mo nanya ke elo
ALANA: maksud L?
RADIT: ada muka aneh di foto itu
Anjrit….
Abis itu gue BB si Yossi. Doi malah uda ga punya copynya! Gemana seeeehhhh yang motret malah ga punya copynya?
Kata Yossi, negatifnya juga ngga ada. Soalnya itu foto digital jadi cuman ada CD nya dan CD itu juga udah nyelip entah kemana pas doi pindahan rumah.
Gue suruh Yossi nyari di garasi. Kata doi box box dari rumah lamanya masih banyak yang numpuk belon dibuka disimpen aja digarasi. Tapi gue gay akin doi bakal serius nyari sih. Pas gue mention soal muka Santika di foto, Yossi cuman bilang : ah masa sih?
Tapi gue punya satu saksi, Radit! Kita berdua sama sama heran. Radit lebih heran lagi, abis gue ceritain siapa Santika. Tadinya gue males cerita sih.
RADIT: sudara kembar loe? Darimana ceritanya?
ALANA: panjang ceritanya
RADIT: bener lo ga lagi kenceng kan?
ALANA: kampret loe!
RADIT:sorry. Hard to believe
ALANA: believe it or not, up to you udah ah
RADIT:eh,…jangan! Gue percaya! Terus…dimana doi sekarang?
Good question! Gue juga ga tau dimana doi sekarang. Gue udah ga hubungan lagi sama doi. Ga jelas kenapa. Kali alam bawah sadar gue mau neken ingatan itu. Kali alam bawah sadar gue masih ngga mau nerima kenyataan soal Adriana , santika dan masa lalu sejarah hidup gue. Bokap juga ga pernah ngebahas. Seolah olah abis Adrianna meninggal, semua cerita ikut selesai. Ngga ada yang tersisa. Biarpun masih ada Santika. Seolah olah Santika itu ga ada dimata bokap.
ALANA: besok ada acara ga?
RADIT: belon
ALANA: temenin gue
RADIT: kemana?
ALANA: ke rumah dukun
RADIT: hah?
ALANA: Mau kenal ga sama muke gile di foto itu?
RADIT: loe mau kenalin gue sama doi? Ngga perlu. Gue percaya kok sama elo
ALANA: gee r loe. Gue yang mau ketemu sama dia
RADIT: Oh minta ditemenin
ALANA: em. Dodol lipet loe
RADIT: oke oke. Kemana?
ALANA: Bali
RADIT: gue book online sekarang, sip?
PING
PING
PING
BB gue bunyi terus. Tapi gue ga bisa ngebales PING an radit. Radit pasti bingung , gue mendadak ga nge reply lagi. Gimana gue bisa ngereply kalo tiba tiba tuh BB lepas dari tangan gue. Dada gue kaya ada yang dorong. Gue tersentak ke belakang. Nafas gue mulai sesak. Kaya ada yang nyedot dari dalam. Kaya di vacuum dada gue.
PING
PING
PING
Pingsan!

PART 29 KLIK DISINI

Hotel Room

29 comments:

  1. Gimana carany klo mw ikutan pre order mba ?

    Bunbun

    ReplyDelete
  2. Kirain part lanjutannya mba,pdhl daah pnasaran bgt иέ³ђ ..
    Apakah tetep akan dilanjutkan versi lanjutannya mba? Atau harus menunggu versi cetaknya? Berharap agar ada lanjutannya habis lebaran pleaseee(‾ʃƪ‾)

    ReplyDelete
  3. ok mbak! keep update yah gmn cara pesan buku untuk pre-ordernya :)

    ReplyDelete
  4. Menunggu memang pekerjaan yang membosankan. Tapi, untuk menunggu kelanjutan cerita Loe, Gue, End! tidak muncul kebosanan itu. Mantap!

    ReplyDelete
  5. komentar saya cuma "kecewa massa" buat mbak zara,,hehehe.. bis di pending sih tulisannya.. ditunggu yah mbak zara

    ReplyDelete
  6. Pantes mbak, dari kemaren2 saya menunggu kelanjutan kisah Alana ini tapi belum ada juga.
    Can't wait to see the final end of this story, hehehe..
    Ditunggu ya mbak Zara (dan tentunya Alana) kelanjutan kisahnya.
    Anyway, have a nice trip mbak Zara beserta anak2nya.
    :)

    ReplyDelete
  7. wow! aku gak mau kehabisan. pesan dari sekarang y mbak.. :D (pre-pre-order, hehe..)
    siap2 ngerjain PR-nya bikin komentar ah.. :)

    btw, happy birthday, maaf telat banget ngucapinnya. moga usianya berkah dan sukses terus y..

    salam,
    @z417un.

    ReplyDelete
  8. Happy belated birthday, mba..
    Count me in dong di pre-order bukunya! :) *takut gak kebagian*

    ReplyDelete
  9. pantesaan aja mbaa aku tungguin gk nongol2 lanjutannyaa..bikin gemess deh..ceritanya bikin persaan campur aduk..kapan mo keluar mba bukunyaa..mau baca lagi dari awal..hehe

    ReplyDelete
  10. Cerita yg aq rasa fiktif or cm khayalan aj ternyata emg bener2 nyata dan ada..dan g smua org pnya cerita khdpn seperti ini..kerennn

    Ayo mba lnjt 28nya...gak sabar..

    ReplyDelete
  11. klo beneran ini kisah nyata, ane pingin tau A.L.A.N.A tu seperti apa oranganya. Klo dalam ceritanya ni orang klitan jutek dan semau gue, dan ane pingin tau apa bener2 dia akan menjalankan janjinya?

    secara keselurahaan cerita yang bagus....

    ReplyDelete
  12. ditunggu kelanjutannya, sebuah cerita kehidupan yang unik untuk seorang bernama ALANA. jadi penasaran seperti apa sih ALANA

    ReplyDelete
  13. Mestinya disisain dua mbak,buat alana satu,satunya lagi buat mbak,:)
    ditunggu lanjutannya

    ReplyDelete
  14. waaaah...ga sabar nunggu lanjutannyaaa...
    semoga ga ketinggalan pre-order bukunya...

    ReplyDelete
  15. wuuaaah...ga sabar niiih ama kelanjutannyaaa...
    jangan lama2 postingnya ya mbaaa..
    semoga ga ketinggalan pre ordernyaaa

    ReplyDelete
  16. gw baru baca part 10 :D, asyik n seru ceritanya.

    ReplyDelete
  17. Ratih.kusumawati kupukupunyalucu@yahoo.co.id

    Cerita yg aq rasa fiktif or cm khayalan aj ternyata emg bener2 nyata dan ada..dan g smua org pnya cerita khdpn seperti ini..kerennn

    Ayo mba lnjt 28nya...gak sabar
    Ayo mba ayo :p

    ReplyDelete
  18. Gimana caranya untuk pesan versi cetaknya??

    ReplyDelete
  19. menarik,, menyentuh,,...
    yg terutama bikin penasaran...
    mbak pendingnya jgn kelamaan ea
    dtgu part selanjutnya ^^

    ReplyDelete
  20. Saya mau pre order ya mbak.... membaca Loe, Gue, End! rasanya terbawa sekali... sampai nahan nafas... Pengalamannya luar biasa...sangat inspiratif dan bikin saya mengevaluasi kembali kehidupan saya....

    ReplyDelete
  21. speechless buat yang anti cerita ginian

    order gimana ya mba?

    ReplyDelete
  22. speechless

    mau ordeer..

    *alana kisahmu inspiratif*

    ReplyDelete
  23. Mau pre order donk mba.. Gmn cara nya?

    ReplyDelete
  24. mau order dong mba. gimana ya caranya?

    ReplyDelete
  25. yua mbak.. aku juga mau do nk pre order :))

    ReplyDelete
  26. lanjutannya mana nih mbak??
    harus order?? gimana caranya?? >,<

    ReplyDelete
  27. yg bab 29 nya kok udah g ada y mbak???
    hrus orderkah???
    gmn caranya???

    ReplyDelete
  28. 29ny mana nich penasaran banget tau >_<

    ReplyDelete