Stay in Touch with Me

Friday, November 16, 2012

AGENDA @SuperWomenID
KITA BISA!




Super Women ID adalah akun twitter yang dibuat oleh 4 perempuan yaitu saya, Deborah dewi, Fanny rahmasari dan Ivanna Veronica. Kami ber 4 berasal dari latar belakang yang berbeda. Saya psikolog, ibu dua anak yang sudah belasan tahun dan kelahiran tahun 1969 (hehehe faktor umur pengaruh loh) , Fanny Rahmasari adalah wanita profesional selebriti host yg lebih dari belasan tahun di dunia infotainment dan production house, Deborah dewi adalah generasi tahun 70-80 an yang mendalami bidang profesi unik yaitu Graphology sedangkan Ivanna Veronica adalah senior certified accountant and tax consultant.

Diantara semua perbedaan itu, ada kesamaan diantara kita yaitu : sama sama perempuan, sama-sama punya perjuangan berat saat meniti awal karir/kehidupan, sama sama punya keyakinan bahwa : Nothing is Impossible dan sama sama perduli terhadap sesama kaum wanita.

Sebagai rasa syukur kita yang sudah diberkahi mampu melewati semua ujian cobaan moril materil hingga berada di posisi seperti sekarang ini - maka kami ber empat berniat untuk mulai BERBAGI dengan sesama kaum wanita. Hal mana diawali dengan rasa prihatin kami (dan karena kami juga pernah berada di posisi itu dulunya) melihat KURANGNYA PERHATIAN terhadap pendidikan dan kesejhateraan wanita. Sedangkan wanita itu adalah aset yang sangat berperan menentukan kualitas generasi penerus bangsa (anak anak) dan juga berperan penting dalam kehidupan rumah tangga (termasuk mendukung suami . pepatah bilang : dibalik semua lelaki hebat pasti ada perempuan hebat? :))

Maka setelah beberapa kali jumpa dan menyamakan persepsi , kamipun mulai fokus pada langkah langkah kongkrit apa yang bisa kita lakukan untuk ikut sumbangsih (walau dalam skala kecil sekalipun) bagi sesama wanita?

Kalau dari saya pribadi, nomer 1 adalah IMAN. Pendidikan Iman itu penting (iman tidak sama dengan agama ya...) Pengetahuan Agama seseorang tidak menjamin orang itu menjadi orang yang beriman (dalam esensi seutuhnya). Maka Iman itu kemudian menjadi tanggung jawab individual bagi tiap orang sesuai kepercayaannya masing masing.

Jadi kemudian KAMI BER 4 fokus pada hal hal dibawah ini sebagai upaya nyata yang bisa diselenggarakan dan bermanfaat.

1. Pemahaman Diri

disini kami akan mengajarkan cara menganalisa diri sendiri. pepatah bilang : berikan kailnya jangan cuma ikan nya. Dengan bekal ilmu menganalisa diri sendiri, akan lebih mudah dan efektif bisa dipraktekan sendiri kapan saja dibutuhkan. Bagaimana kita berpikiran obyektif dan postif dalam menghadapi apapun.
Termasuk mengenali dan menerima/mengakui kekurangan kita. Tanpa itu kita tidak bisa memperbaikinya.

2. Jati diri dan Eksistensi

Pemahaman akan jati diri itu luas dampaknya. Jika kita mengenal diri sendiri maka kita tau kalau tujuan hidup orang itu tidak sama seragam. Kita tahu yang terbaik untuk kita tidak selalu sama dengan yang baik secara standard umum. Dari sini kita bisa mengatur strategi /blue print rencana untuk memperkokoh eksistensi kita di bidang mana kita sangat berpotensi. Mengexplorasi potensi diri secara maksimal dan darisana menumbuhkan rasa PERCAYA DIRI dan HARGA DIRI.


3. KODRAT WANITA

ini sangat penting sebab belajar dari semangat RA Kartini, wanita harus cerdas tapi tidak boleh lupa pada kodratnya. Karena kodrat wanita ini penting untuk generasi penerus dan juga keluarga/suami. Kodrat wanita adalah bagian dari Iman. Bagaimana cara perempuan menjadi PENDUKUNG/ berperan secara maksimal dan mendapat penghargaan yang layak dari kaum pria/suami dan anak anaknya.


Maka dengan agenda awal yang sederhana itu @SuperWomenID akan mengadakan acara2 dalam bentuk workshop dan seminar. Intinya : mengajak wanita untuk membangun komunitasnya dan networknya. Sekali lagi kami berusaha memberikan KAIL bukan IKAN. dan berharap Insyallah setelah mengikuti seminar dan workshop kami maka peserta kelak bisa menjadi unit unit kecil perpanjangan tangan dari @SuperwomenID di areanya masing masing. Sehingga ada efek Chain Reaction dan Snow Ball Effect. Mandiri dan tidak hanya "menunggu" untuk didatangi disuapi terus tetapi setelah diberi bekal dan kepercayaan diri peserta kemudian bisa menjadi "superwomen" sendiri.

Untuk melaksanakan semua itu tentu kami membutuhkan dukungan dan kepercayaan dari semua pihak. Dari sesama kaum wanita dan juga kaum pria . Bukankah priapun punya ibu dan lahir dari rahim perempuan? :) Agar pria dan wanita bisa menjadi seperti tangan kanan dan tangan kiri. Yang punya fungsi/kelebihan masing masing tapi akan lebih kuat apabila digunakan secara bersama.

Sebagai langkah awal kami mengharapkan partisipasi semua yang membaca AGENDA @SuperWomenID ini untuk membantu :

1. menyebar luaskan link Agenda @SuperWomenID ini disemua social media yang diikuti agar smakin banyak yang membaca, tersentuh, terpanggil (amin)

2. Meluangkan waktu mengisi SURVEY kami (diperlukan sbagai data base dalam menentukan topik seminar/workshop) Caranya : KIRIM EMAIL ke vinzainc@hotmail.com dengan Judul email : SUPERWOMEN. Kami akan mengirim survey yang tinggal diisi dan di email kembali ke alamat email yg sama.

3. Untuk Organisasi , badan usaha (kecil maupun besar) dan CSR - CSR yang mempunyai misi dan visi yang sama dengan @SuperWomenID, kami dengan senang hati akan mengakomodasi semua masukan dan supportnya. Visi dan Misi @SuperWomenID adalah : Creating Awarness and Solution to educate Women in a practical way in all aspect (health, education, children, business, financial etc)


Untuk saat ini @SuperWomenID masih ndompleng di blog saya :) Insyallah nanti akan lebih teroganisir. Yang berkenan menjadi Vlountere juga silahkan email ke vinzainc@hotmail.com dengan judul email : SUKARELAWAN lalu disertai nama kota dimana kalian tinggal.

Akhir kata, saya atas nama teman2 yang lain mengucapkan terimakasih. Semoga niatan ini baik untuk semua dan mendapat ridho dari Yang Maha Kuasa.


wass
Zara Zettira ZR



Hotel Room

2 comments:

  1. Untuk yang di JABOTABEK dan ingin berpartisipasi dalam seminar/workshop SUPERWOMEN ini bisa email ke vinzainc@hotmail.com dengan judul email : superwomen ya.... Baik yang mau ikut seminar ataupun yg mau bantu jadi penyelenggara /voluntere

    ReplyDelete
  2. *** APA Yg kamu anggap kelemahan utamamu? Silahkan tulis di kolom COMMENT dengan nama, alamat email, usia dan Kota tempat tinggal ya...

    ReplyDelete