Stay in Touch with Me

Sunday, November 20, 2011

VINZA Inc. Independent Publishing

Pepatah Jawa bilang, alon alon asal kelakon.
Bukannya sengaja lelet karena malas, tapi karena saya dan sahabat saya dua-duanya sama sama wanita pekerja, ibu rumah tangga yang sangat sibuk. Tapi passion menyatukan kita, sehingga kalau ada waktu yang tersisa (bahkan kalau sebenernya ngga ada waktupun di sempet sempetin dengan sesekali terpaksa mengorbankan waktu /kepentingan pribadi) - kami tetap meneruskan cita-cita kami untuk MEMBUKA RUMAH PENERBITAN INDIPENDEN.

Banyak orang bertanya pada saya, ngapain cape cape nyetak, nerbitin dan distribusi sendiri? Toh ibaratnya, penerbit mana yang akan menolak karya Zara?
jawabannya : Saya suka tantangan :) Jujur, saya berterimakasih pada penerbit2 yang telah membantu saya memasuki dunia buku. Dan saya yakin para penerbit itu juga bangga melihat saya, anak didikan mereka, kini bisa mandiri. Bahkan mencoba membantu penulis-penulis lain.

Bagaimana cara VINZA inc. membantu penulis lain?

1. Penerbit2 besar umumnya menerima banyak naskah sehingga naskah harus antri dibaca dan disortirnya. - VINZA Inc. adalah penerbit kecil yang membuka kesempatan secara BERKALA pada penulis2. Vinza.inc juga membuat tema-tema spesifik dengan deadline pengriman naskah. Sehingga naskah yang masuk tidak akan BERTUMPUK antri berbulan bulan.

2. penerbit2 selfpublishing/print on demand umumnya hanya menyalurkan penjualan secara online. Dan maaf, harga cetakpun JAUH LebIH TINGGI karena mereka mencetak secara on demand (sesuai pesanan) - VINZA Inc. mencetak dengan harga Percetakan Biasa (bahkan bersaing) dengan jumlah minimal cetak 1000 buku.

3. Penerbit2 besar umumnya punya puluhan buku terbit sekaligus setiap bulan sehingga strategi promosi tidak efektif/tidak tertangani dengan baik dan fokus. - VINZA Inc hanya akan menerbitkan 1-3 buku setiap bulannya sehingga setiap buku akan mendapat perhatian penuh dan dibantu full dalam distribusi, marketing dan promosinya.

4. Penerbit2 besar umumnya dikelola oleh mereka (staff) yang bukan penulis - VINZA Inc. dikelola oleh penulis dan juga staff yang berpengalaman bekerja belasan tahun di penerbitan besar.

5. Penerbit2 besar ingin terus menjadi besar dan memperluas bidang usahanya sebagai PERUSAHAAN - VINZA Inc. akan setia pada prinsip "small is beautiful" karena kami tidak mau menjadi besar melainkan lebih mau MEMBESARKAN penulis2 Vinza inc.

Di VINZA Inc. posisi penulis dan penerbit adalah sejajar dengan pembagian keuntungan yang 50-50, bukan sistim royalty 10% seperti umumnya dilakukan oleh penerbit besar. Dan karena tetap akan melakukan SKALA KECIL / Boutique Publishing, VINZA Inc. selalu punya waktu untuk mengakomodasi ide-ide promodi dari penulis2 nya.

Saat ini VINZA inc. akan menerbitkan beberapa Project NOVEL FIKSI REMAJA/ DEWASA MUDA dalam dua series yaitu:

1. SERI : Imaginasi Selebriti

Akan dibuka dengan novel tulisan Shenny Andrea ( Twitter: @shennyandrea) artis kawakan yang telah membintangi sinetron DIA dengan Lulu Tobing dan Ari Wibowo lalu dan tetap eksis hingga sekarang.
Disusul dengann tulisan selebriti lainnya. Bukan autobiographi melainkan imaginasi dan kreatifitas mereka sendiri!

2. SERI : FRESH FICTION

Dari namanya, jelas bahwa novel ini adalah tulisan penulis baru dengan gaya yang juga FReSH dan cerita yang mencerminkan jamannya.

Ingin tahu lebih banyak tentang VINZA Inc. ?
kirim email beserta data seperti Nama, Alamat, Pekerjaan ke email kami: vinzainc@hotmail.com







Hotel Room

2 comments:

  1. wah,asyik dong bisa punya perusahaan penerbitan sendiri

    ReplyDelete
  2. hmmm.. satu impian gue tuh utk nerbitin buku lagi setelah dulu (banget) pernah nerbitin independen ama teman2.

    ReplyDelete